Skip to content

Koneksi Internet Melalui Handphone

November 11, 2011

Kemajuan teknologi mobile yang begitu mencengangkan membuat setiap orang (mau/tidak mau) mesti mempersiapkan diri agar tidak ketinggalan. Apalagi tertinggal jauh di belakang.

Perangkat mobile, dalam hal ini handphone pun saat ini tidak lagi dimanfaatkan untuk mengirim dan menerima telepon (suara) atau sms (teks) saja. Sekarang handphone dilengkapi fitur – fitur yang lebih canggih dan bisa dijadikan gaya hidup ( lifestyle ) Anda. Fitur-fitur canggih tersebut, diantaranya adalah akses internet (data).

Konsumen memang selalu menjadi raja, para produsen pun memanjakan konsumen dengan menambahkan fitur internet lewat hp yang tidak kalah jauh berbeda bila berinternetan melalui PC.

Berikuti ini adalah pengalaman saya, yang bagi saya ini adalah trik-trik untuk mempercepat akses internet lewat hp sehingga menjadi lebih murah. Dengan kata lain, menyiasati agar akses internet melalui handphone bisa lebih murah. Seandainya dalam uraian di berikut saya menyebutkan produk tertentu, itu semata untuk memperjelas saja (bukan promosi gitu lhooo) atau bila tetap dianggap promosi, berarti itu adalah promosi gratis bagi pemilik produk tersebut ( baik juga ya.. Saya… Euleuh-euleu PD pisan nya!!!).

Sudah siap …?

Baik, kita mulai….

Tapi, sebelumnya kita sama-sama berhitung, okeh….!

1…. 2….3…. M U L A I …..

      1. Gunakan provider operator yang murah seperti IM3, atau paket internet starone dari INDOSAT dengan harga 250 ribu rupiah sebulan dan akses internet tak terbatas.

2. Usahakan Anda berada dalam jangkauan sinyal GPRS. Atau sinyal GPRS nya lagi wokeh tidak naek turun, alias stabil.

3. Gunakanlah opera mini, penggunaan opera mini lebih cepat daripada menggunakan browser hanphone biasa ( default ). Yang terakhir Saya ketahui, opera mini sudah mengeluarkan versi 4.xxx dan Anda bisa mendownloadnya di sini.

Setelah mendownloadnya, non-aktifkan view image di setting. Memunculkan gambar dan tidak memunculkan gambar mempunyai perbedaan yang lumayan jauh tarifnya.

4. Bukalah http://www.skweezer.com dan pilih search web. Skweezer akan mengompress halaman web menjadi lebih ringan. Atau alamat website bisa Anda akses di alamat: http://www.skweezer.com/s.aspx?q=http%3A%2F%2Falamatwebsite. Contohnya Anda ingin menuju google, maka alamatnya: http://www.skweezer.com/s.aspx?q=http%3A%2F%2Fwap.google.com.

Apabila situs yang Anda tuju mempunyai fasilitas wap, gunakanlah alamat situs wap seperti: wap.google.com. Atau mungkin situs tersebut mempunyai alamat m.blablabla.com, gunakanlah yang itu juga.

Kenapa?

Karena alamat tadi memang disetting untuk mobile dan wireless, jadi terasa lebih cepat aksesnya.

Apabila situs tersebut mempunyai feed, akses melalui melalui alamat ini dan tuliskan alamat feednya. Atau bisa menggunakan aplikasi pRSSreaders yang berlisensi GNU GPL, bisa download di sini versi yang Saya gunakan terakhir, 1.4.3.

5. Gunakanlah software pengompress memori handphone Anda seperti Appman atau lainnya. Ketika proses akses koneksi berlangsung, dan terasa sangat lama sekali, Anda bisa mengompress melalui Appman, dan rasakan perbedaannya.

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: